Bikin Artikel SEO Friendly Yang Mudah Dan Cepat

SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah strategi mengoptimalkan sebuah website pada mesin pencarian dengan menggunakan teknik khusus yang sudah ditentukan. Dimana teknik SEO ini sendiri terdiri dari SEO On Page dan SEO Off Page. Untuk SEO On Page ini menitikberatkan struktur penulisan konten artikel. Sedangkan untuk SEO Off Page ini lebih fokus pada pembangunan link alias backlink. Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara bikin artikel SEO friendly yang tepat dan mudah.

bikin artikel SEO

6 Cara Bikin Artikel SEO Friendly Kualitas Terbaik

Kalau ditanya, ‘Apakah membuat artikel untuk website itu wajib?’, maka jawabannya iya. Jika website yang Anda miliki ingin tetap bertahan di search engine. Maka konten artikel sangat penting keberadaannya. Dengan adanya konten artikel maka akan membuat website tersebut tetap hidup dan menempati rangking yang diinginkan. Namun yang menjadi masalah adalah ada cukup banyak pemilik website merasa kesulitan ketika bikin artikel SEO friendly.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk bikin artikel SEO friendly yang mudah dan tepat.

  1.  Memilih Keyword yang Tepat

Untuk hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menulis artikel SEO adalah keyword. Ada baiknya jika terlebih dahulu menentukan keyword yang akan dibidik. Dalam pemilihan keyword ini harus menyesuaikan dengan niche website dan kebutuhan website. Misalnya website Anda bertema kesehatan, maka keyword yang dipilih tentunya berhubungan dengan kesehatan. Kemudian sesuaikan dengan DA atau PA dari website yang dimiliki. Jika website sudah berumur, tentu tidak masalah membidik keyword dengan jumlah pencarian besar. Lain hal untuk website yang baru menetas.

  1. Judul Mengandung Keyword

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dengan baik adalah dari sisi judulnya. Dalam dunia SEO, keyword harus masuk ke dalam judul. Oleh karena itulah, Anda tidak bisa menentukan judul artikel sembarangan. Dalam membuat judul yang mengandung keyword, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Seperti jangan memisahkan keyword saat membuat judul. Kemudian buatlah judul yang kreatif tanpa merusak susunan keyword.

  1. Memperhatikan Jumlah Kata

Kemudian Anda juga harus memperhatikan jumlah kata dalam pembuatan artikel. Untuk jumlah kata dalam pembuatan artikel SEO memiliki pendapat yang berbeda-beda. Ada yang merekomendasikan antara 600 – 800 kata, 900 – 1000 kata dan rekomendasi jumlah kata lainnya. Menurut Forbes, website yang memuat artikel 600 – 700 kata sudah optimal untuk SEO. Sedangkan Searchengingland merekomendasikan konten dengan jumlah 1000 kata lebih. Sebenarnya dua cara tersebut bisa ditempuh.

  1. Menempatkan Keyword

Dalam membuat artikel SEO yang friendly tidak hanya mengenai jumlah kata saja. Namun juga mengenai penempatan keyword. Terdapat banyak pendapat mengenai penempatan keyword. Mulai dari ditempatkan di bagian awal, tengah dan akhir. Untuk penempatan keyword sendiri tentunya bisa disesuaikan dengan keselarasan tulisan tersebut. Namun jangan sungkan untuk membaca panduan membuat artikel dari banyak pakar. Karena hal ini akan membuat Anda bisa menentukan penempatan keyword secara lebih baik dan pasti.

  1. Mempertimbangkan Jumlah Keyword

Jumlah keyword yang berlebihan tentunya tidak baik untuk sebuah artikel. Jangan terlalu menempatkan terlalu banyak keyword dalam artikel. Namun juga jangan terlalu sedikit dalam menempatkan keyword. Untuk mengetahui terlalu banyak atau terlalu sedikitnya jumlah keyword bisa berpatokan pada Yoast. Nantinya Yoast akan menyeleksi apakah artikel tersebut kekurangan atau kelebihan keyword. Jika Yoast sudah merasa sudah cukup dengan keyword. Maka tidak perlu dilanjutkan lagi jumlah keyword-nya.

Chat dengan kami melalui WhatsApp