Cara Menjadi Freelance Artikel Online Yang Berpengalaman

Meskipun sudah memiliki pekerjaan tetap, namun tidak ada salahnya jika memiliki pekerjaan sampingan. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, pundi-pundi rupiah tentunya akan semakin bertambah. Tidak hanya itu saja, dengan memiliki pekerjaan samping membuat Anda tidak perlu takut jika harus resign atau kena PHK. Untuk pekerjaan sampingan sendiri ada banyak macamnya. Mulai dari menjadi reseller, jual pulsa & kuota internet, jasa penerjemah, menulis artikel dan masih banyak lainnya. Jika Anda memiliki kompetensi di bidang tulis menulis, maka bisa menjadi freelance artikel online. Sesuai namanya, pekerjaan freelance ini dilakukan secara online. Yang artinya, Anda tidak perlu bertemu dengan pemesan artikel.

freelance artikel online

6 Cara Menjadi Freelance Artikel Online Terpercaya

Nantinya pemesan akan memberikan brief dan deadline mengenai pesanan artikel. Yang mana harus Anda taati dan sesuaikan dengan permintaan klien. Jangan sampai salah, karena hal ini akan berdampak pada reputasi dan hasil Anda nantinya. Jika klien sampai kurang suka dengan hasilnya, nantinya Anda tidak akan mendapatkan pesanan artikel lagi. Untuk Anda yang memang ingin terjun di bisnis tulis menulis ini. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik sebelumnya. Diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Memahami Dasar Penulisan

Pertama-tama Anda harus memahami dan mengembangkan teknik dasar penulisan. Anda harus paham apa EBI dan penulisan-penulisan lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan belajar otodidak atau mengikuti kursus menulis. Saat ini pun banyak disediakan kursus menulis, baik kursus gratis atau berbayar. Semakin Anda memahami tata penulisan yang benar, ini akan mencari nilai positif.

  1. Mengembangkan Gaya Tulisan

Tentunya Anda tidak mungkin menggunakan gaya tulisan yang itu-itu saja bukan? Ada kalanya memang harus menggunakan bahasa yang baku untuk penulisan profesional. Namun di beberapa artikel lain pastinya tidak membutuhkan bahasa formal. Dimana artikel tersebut membutuhkan gaya santai, butuh sedikit candan di tulisan dan lainnya. Menulis berita online tentunya berbeda dengan menulis artikel game. Begitu juga dengan sebaliknya.

  1. Mematangkan Struktur Penulisan

Harus diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa membaca tulisan di layar. Baik itu smartphone, PC, laptop atau tablet membuat mata cepat lelah. Apalagi jika inti tulisan tidak kunjung didapatkan. Oleh karena itulah, Anda harus mengenali struktur tulisan dengan baik. Jangan membuat paragraf yang terlalu panjang. Apabila memang ingin membuat paragraf yang panjang, ada baiknya jika dibagi menjadi beberapa paragraf. Selanjutnya buat bullet and numbering untuk poin-poin.

  1. Mempelajari Teknik SEO On-Page

Meskipun bukan Anda yang menggunakan artikel tersebut. Namun ada baiknya jika Anda mengetahui teknik dasar SEO On-Page. Anda bisa memahami repetisi kata kunci yang baik dan algoritma-nya. Dengan begitu Anda sudah memiliki nilai plus karena sudah mengetahui teknik dasar SEO. Jadi selanjutnya klien yang melakukan kerja sama dengan Anda bisa lebih percaya.

  1. Pandai Melakukan Riset

Sebelum menulis artikel, pastinya akan melakukan riset terlebih dahulu. Sebab informasi yang akan disampaikan ke pembaca tentunya harus berdasarkan data dan fakta. Oleh karena itulah, pastikan untuk selalu membiasakan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai menulis.

  1. Menentukan Tarif

Hal terakhir yang harus dipastikan adalah menentukan tarif. Sebagai freelance artikel online, tentunya Anda harus memiliki patokan harga jasa. Namun jangan mematok harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Misalnya untuk 1000 kata dihargai 25.000. Jika klien memesan dalam jumlah banyak, Anda bisa memberikan diskon. Diskon ini dimaksudkan supaya klien tersebut menjadi klien tetap Anda.

Chat dengan kami melalui WhatsApp