WARDAH INSPIRING MOVEMENT DEMI INDONESIA LEBIH BAIK, TIDAK DUKUNG FEMINISME DAN LGBT

Menyambut HUT RI ke-73 tahun 2018 lalu, Wardah meluncurkan sebuah program dengan tajuk Wardah Inspiring Movement (WIM). Sebuah kampanye untuk memayungi empat bidang CSR (Corporate Social Responsibility). Yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan lingkungan. Beda dengan program CSR umumnya, untuk WIM ini terdapat unsur pengambilan bagian atau pengikutsertaan. Dimana individu, komunitas serta organisasi bisa bergabung bersama Wardah dalam menjalankan program CSR tersebut.

Wardah sendiri adalah brand kosmetik yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Dimana Wardah ini berada dibawah naungan PT. Paragon Technology and Innovation, yang didirikan oleh Nurhayati Subakat. Brand kosmetik Halal ini selalu berusaha mengedepankan kualitas selama mendukung wanita cantik sesuai karakter masing-masing orang.

Salman Subakat selaku Chief Marketing Officer PT Paragon Technology and Innovation mengatakan bahwa selama lebih dari lima tahun. Wardah sudah bekerja sama dengan puluhan organisasi, yayasan, serta gerakan di Indonesia untuk melakukan kegiatan CSR. Namun sayangnya kegiatan tersebut cenderung berdiri sendiri. Sehingga dampak yang didapatkan terasa kurang. Dan pada kesempatan ini, Wardah memperkenalkan WIM untuk menyesuaikan penerapan empat pilar CSR Wardah. Salman juga berharap bahwa kegiatan tersebut bisa membawa hasil lebih besar bagi Indonesia.

Fokus keempat bidang CSR Wardah secara khusus adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan: Memberikan kesempatan belajar untuk semua orang. Mulai dari memberikan beasiswa untuk para mahasiswa, memberikan pelatihan untuk guru, sampai program pendidikan keluarga.
  • Kesehatan: Dalam bidang ini melibatkan kegiatan edukasi dan deteksi dini untuk penyakit kanker serviks dan payudara. Serta memberikan bantuan pengobatan dan dana operasional rumah singgah bagi penyakit anak.
  • Pemberdayaan perempuan: Sedangkan pada bidang ini Wardah fokus untuk memberdayakan perempuan sebagai wiraswasta.
  • Lingkungan: Untuk di bidang ini Wardah fokus mengelola sampah dan pelestarian lingkungan.

Selaku Chief Marketing Officer PT.PTI, Salman juga menambahkan bahwa Indonesia mempunyai SDM yang banyak dengan jiwa sosial tinggi. Hanya saja, terkadang mempunyai keraguan dan kebingungan untuk memulai sebuah gerakan kebaikan. Dari alasan inilah, Wardah menghadirkan sebuah tempat yang bisa melibatkan banyak anggota masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial. Beliau percaya bahwa kumpulan kontribusi sederhana dan kecil ini bisa menjadi kontribusi besar jika dilakukan bersama.

Untuk memudahkan partisipasi lebih banyak terlibat dalam kegiatan CSR yang ada. Wardah meluncurkan microsite dengan tema ‘Kebaikan Hati untuk Negeri’. Di dalam microsite ini memungkinkan masyarakat ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan CSR Wardah secara online atau offline. Sebagai contohnya, masyarakat bisa:

  • Mendaftarkan diri sebagai relawan dalam kegiatan CSR offline yang sudah Wardah dan mitra-mitra Wardah lakukan.
  • Mengirimkan konten edukatif dan inspiratif yang memiliki kaitan dengan pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan lingkungan. Baik dalam bentuk video, artikel, atau gambar. Tim Wardah nantinya akan mengurasi konten yang masuk, menampilkan konten terpilih di microsite dan membagikannya secara online atau offline. Kepada mereka yang membutuhkannya.

Sebagai bentuk apresiasi untuk masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam Wardah Inspiring Movement. Setiap bulannya Wardah akan memiliki partisipan yang mempunyai konten online paling inspiratif dan kreatif. Atau partisipan dengan jumlah partisipasi kegiatan offline paling banyak untuk menjadi Duta WIM. Untuk profil dan konten dari Duta WIM ini akan ditampilkan pada laman microsite WIM dan diperluas ke akun-akun media sosial Wardah. Dengan begitu bisa semakin memberikan inspirasi untuk anggota masyarakat lain supaya ikut berpartisipasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat dengan kami melalui WhatsApp